Sim Card Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan Kembali?

0
389
- Article top ad -

Kemarin persis saya dikagetkan dengan kondisi kartu Telkomsel saya yang tidak dapat diisi pulsa. Lebih dari tiga kali saya isi pulsa tetapi pesan yang muncul adalah gagal poengisian pulsa. Kecurigaan pertama saya adalah kartu tersebut memasuki masa tenggang atau bahkan yang paling meresahkan: sim card Telkomsel hangus? Sedangkan kartu tersebut adalah nomor utama yang terhubung pada beberapa akun rekening bank.

Memastikan Keaktifan Kartu Telkomsel

Saya memastikan keaktifan kartu Telkomsel dengan menghubungi *888# tapi pesan yang muncul adalah layanan tersebut tidak dapat digunakan. Apakah sedang ada gangguan sistem Telkomsel? Saya langsung menginstall mytelkomsel untuk memastikan status masa aktif aktif kartu tersebut. Tetapi yang muncul hanya nomor ponsel saya, selainnya blank seperti sedang loading.

Saya coba cara lainnya. Saya berusaha berbicara via chat dengan Veronika dan ia meminta saya mengisi pulsa sebelum memberikan informasi terkait masa aktif kartu. Tapi lagi-lagi proses pengisian pulsa gagal. Ada apa sebenarnya?

Saya meminta bantuan seorang teman untuk melakukan transfer pulsa ke nomor saya. Hasilnya sungguh mengagetkan. Muncul pesan: Nomor penerima sudah tidak aktif! Saya mendadak gelisah. Saya coba menelpon ke nomor contact center Telkomsel di 188 menggunakan nomor Telkomsel, tapi tidak dapat tersambung dengan baik. Saya coba telpon ulang ke nomor contact center berbeda di nomor 08071811811 menggunakan nomor selain Telkomsel. Tersambung! Saya bicara dengan petugas call center dan langsung menanyakan status keaktifan kartu saya.

Petugas Call center menyampaikan bahwa sim card Telkomsel hangus dan tidak diketahui sejak kapan hangusnya karena data kartu saya sudah tidak dapat terbaca oleh sistem. Tetapi, beberapa menit sebelumnya suami saya masih bisa menghubungi nomor saya tersebut melalui panggilan telpon. Saya juga masih bisa beraktivitas dengan nomor tersebut di aplikasi whatsapp.

Untuk memastikan kondisinya dan setelah berdiskusi dengan teman yang bekerja di Telkomsel, saya mengunjungi gerai Grapari untuk menyelesaikan permasalahan ini. Karena domisili saya di daerah Bekasi, maka saya mengunjungi gerai Grapari yang berlokasi di lingkungan Bekasi Cyber Park (BCP) dengan membawa dokumen berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk
  2. Copy Kartu Keluarga

Berapa Lama Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Sim Card Telkomsel Hangus
Grapari Bekasi Cyber Park

Setibanya di Grapari Bekasi Cyber Park, saya disambut oleh petugas keamanan yang menanyakan keperluan saya. Saya katakan bahwa saya perlu menghidupkan kembali sim card yang telah mati. Beliau lalu meminta saya menyebutkan nomor Telkomsel saya. Setelah menginput nomor Telkomsel, saya mendapatkan nomor antrian.

Tidak sampai 5 menit, saya kemudian dipanggil ke meja customer service. Saya jelaskan kondisi saya secara singkat, lalu beliau menjelaskan kondisi yang terjadi pada kartu yang memasuki masa tenggang. Sim Card yang telah memenuhi ketentuan masa tenggang (tidak diisi pulsa selama jangka waktu tertentu misalnya) akan memasuki masa tenggang selama 30 hari. Akan ada sms pemberitahuan bahwa kartu tersebut sedang berada pada masa tenggang.

Setelah selesai masa tenggang dan sim card tetap tidak di-maintenance agar kembali aktif (diisi pulsa misalnya), maka kartu tersebut memasuki masa transisi atau biasa disebut masa aging. Masa aging berlangsung selama 15 hari. Pada case saya, kartu saya sedang dalam masa aging saat saya datang ke Grapari. Pada masa ini, data pribadi pada kartu sudah tidak dapat terbaca dan kartu tidak dapat diisi pulsa maupun paket internet. Namun demikian, pada masa ini saya masih bisa mengaktifkan kembali kartu saya. Hanya saja, kartu beralih dari yang sebelumnya berjeni pre paid (pra bayar) menjadi post paid (pasca bayar).

Cara Mengaktifkan Sim Card Telkomsel yang Hangus

Petugas custmer care Telkomsel menjelaskan secara singkat terkait kartu pasca bayar. Kartu dapat digunakan dengan men-setting paket internet terlebih dahulu atau tidak (hanya digunakan untuk menelpon dan sms). Untuk berlangganan paket internet, terdapat beberapa pilihan sebagai berikut:

Sim Card Telkomsel Hangus
Daftar Paket Internet untuk Postpaid Sim Card

Jika tidak berlangganan paket internet, saya akan dikenakan biaya abundenment sebesar Rp50.000 per bulan walaupun tanpa pemakaian telpon dan sms sama sekali. Akhirnya saya memilih paket internet seharga Rp60.000 per bulan dengan benefit seperti yang tertera pada gambar di atas.

Dengan meminjamkan KTP dan copy KK saya, pertugas menginput data saya dan mengubah sim card saya menjadi post paid sim card. Saya mendapatkan sim card baru dan sim card lama saya dinonaktifkan. Petugas customer care membantu memasangkan sim card baru tersebut ke perangkat gawai saya.

Nantinya tagihan pembayaran akan datang setiap bulannya pada tanggal tertentu. Sebelumnya saya diminta memilih satu diantara 3 cycle tanggal penagihan. Saya memilih tanggal 11 sebagai tanggal dikirimkannya tagihan. Jika saya ingin mengubah paket internet yang sudah dipilih, saya bisa mengubahnya via telpon tanpa harus hadir langsung di Grapari.

Menonaktifkan Postpaid Sim Card Telkomsel

Untuk menonaktifkan kartu, saya harus menunggu selama minimal 2 bulan penggunaan terlebih dahulu. Jika kartu post paid sudah digunakan minimal 2 bulan, maka saya bisa menonaktifkan kartu dengan datang kembali ke gerai Grapari. Sekali dinonaktifkan, kartu akan benar-benar mati dan fisik kartu dikembalikan ke Telkomsel.

Semoga kamu yang sedang memiliki masalah serupa dengan Mamak terbantu dengan tulisan ini ya. Jangan abaikan sim car Telkomsel hangus. Apalagi jika nomor tersebut terhubung dengan akun-akun penting. Semoga bermanfaat ya.

- Article bottom ad -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here