Wahana Istana Pasir – Pra Bunda Sayang

0
306
Blog Banner - Pra Bunsay 1 - Istana Pasir
- Article top ad -

Kelas Bunda Sayang di era New Chapter ini didahului dengan masa orientasi selama kurang lebih 1 bulan dengan 4 game yang harus dituntaskan, salah satunya wahana istana pasir. Game ini dulunya adalah serupa Nice Homework (NHW) yang berubah di era New Chapter ini. Masa orientasi berfungsi untuk menyamakan persepsi dan menyiapkan kondisi untuk memasuki kelas Bunda Sayang. Periode ini disebut masa Pra Bunda Sayang. Kenapa perlu ada masa orientasi? Karena mahasiswi kelas Bunda Sayang ini terdiri dari beberapa angkatan matrikulasi. Matrikulasi terbaru adalah jenjang matrikulasi 8. Saya lulusan matrikulasi 3 yang lulus pada tahun 2017. Yap, lulusan 3 (tiga) tahun lalu. Jadi, periode Pra Bunda Sayang ini cukup efektif untuk saya yang sudah lama tidak bersentuhan dengan jenjang kelas Ibu Profesional. 

Pertemuan pertama Pra Bunda Sayang membahas tentang Critical Thinking dan Makna IIP. Selesai diberikan materi, kami mendapatkan tugas untuk membangun istana pasir tentang peta diri dan menelisik makna Ibu Profesional bagi kami. 

Setelah menyimak materi dan melakukan self talk, saya mencoba menuangkan dalam bentuk e-bulletin seperti di bawah ini:

Wahana Istana Pasir
Wahana Istana Pasir
Wahana Istana Pasir

Bentuk e-bulletin saya pilih karena beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengikuti Pelatihan E-Bulletin di Rumah Belajar (Rumbel) Literasi IP Bekasi. Untuk mengasah keterampilan, saya mengambil konsep e-bulletin ini. Ternyata membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan nulis langsung ya..wkwkwkwk.

Kalau melihat tugas yang sudah saya buat, sebenarnya ada kesalahan dalam pengerjaan tugas tersebut. Yang diminta adalah menjelaskan makna Ibu Profesional. Yang saya jelaskan adalah makna Bunda Sayang bagi saya..ahahaha. Ini salah satu contoh akibat mendengarkan materi dengan tidak serius.

Anyway, dengan adanya tugas ini, saya mendefinisikan lagi peta diri saya. Tentang tujuan apa yang ingin saya capai. Tentang apa yang menjadi penting untuk saya. Tentang strong why yang perlu terus menerus disegarkan kembali. Pondasi ini penting mengingat masa belajar Bunda Sayang akan menempuh waktu kurang lebih 15 bulan. Semoga selalu semangat!

Oke deh sampai sini dulu sharingnya ya. Semoga lain waktu bisa berbagi cerita lagi ya. Semoga bermanfaat 🙂

- Article bottom ad -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here