Meningkatkan Page View Sebuah Blog

0
34

Bunda, kali ini saya mau cerita sekaligus meringkas hasil webinar yang saya ikuti pada 25 Oktober 2020 lalu yang bertema tentang Bongkar Page View Google. Materi in dibawakan oleh Mba Rini dari blog celotehdinihari. Walaupun sudah lewat beberapa minggu silam, tapi ilmunya saya rasa perlu banget dituliskan lagi di sini. Semoga bisa bermanfaat lebih luas kepada Bunda pembaca sekalian, sekaligu membantu saya untuk mengikat ilmu. Webinar yang saya ikuti ini membahas tentang meningkatkan page view sebuah blog. 

Apa Itu Page View?

Bagi Bunda yang belum akrab, page view adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. JIka Bunda memiliki sebuah blog, akan terlihat berapa banyak total jumlah halaman yang dilihat para pengunjung blog Bunda pada periode waktu tertentu. Jumlah page view atau jumlah halaman ini dapat Bunda lihat salah satunya menggunakan Google Analytics. Selain Google Analytics, saya juga menggunakan plugin Jetpack dari WordPress untuk melihat page view. 

Biasanya ada beberapa istilah yang digunakan dalam suatu dashboard yang menampilkan page view yang perlu dipahami, yaitu: 

User atau Visitor

User atau visitor pada sebuah blog adalah orang yang melakukan kunjungan ke blog kita. 

Unique Visitor

Unique visitor adalah pengunjung blog yang kedatangannya ditentukan oleh IP Address. 

Page View

Page view adalah halaman yang muncul setiap pengunjung meng-klik suatu tautan tertentu.

Bounce Rate 

Kondisi dimana pengunjung blog hanya mengunjungi satu halaman saja tanpa tertarik untuk mengunjungi halaman lainnya atau melakukan tindakan lain seperti meng-klik tautan. Bounce rate ini dihitung dari jumlah single visit dibagi dengan keseluruhan traffic yang masuk. Tingginya bounce rate memiliki dua kemungkinan alasan: halaman kita tidak terlalu menarik bagi pengunjung sehingga pengunjung tidak meng-klik tautan atau halaman lainnya atau halaman kita tidak sesuai dengan maksud pencarian si pengunjung. 

Pentingnya Menaikkan Page View

Tingginya page view menandakan blog kita memiliki konten yang berkualitas. Karenanya, page view dapat menjadi salah satu tolak ukur dalam proses meningkatkan kualitas blog. Dengan meningkatkan kualitas blog, maka keuntungan tambahan akan muncul. Jadi, inilah beberapa alasan kenapa penting untuk menaikkan page view: 

Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan menguntungkan bagi perusahaan. Misalnya, kita melakukan kerjasama dengan suatu perusahaan dengan menuliskan review produk perusahaan tersebut. Pada halaman blog, biasanya akan ada banner atau ajakan untuk melakukan tindakan yang menguntungkan perusahaan produk tersebut, misalnya meng-klik tautan yang terhubung pada landing page website produk tersebut. Kegiatan ini disebut kegiatan konversi. Meningkatnya page view diharapkan mampu juga meningkatkan conversion rate.

Meningkatkan Peluang Pemasukan Google Adsense 

Bagi Bunda yang blognya sudah bekerjasama dengan Google Adsense, maka jumlah page view menjadi penting. Dengan meningkatnya page view, meningkat pula peluang pemasukan dari berbagai indikator pembayaran Google Adsense. 

Page View = Kualitas Blog

Page view dapat dijadikan indikator untuk mengukur kualitas blog. Semakin tinggi page view, semakin baik kualitas konten dari blog tersebut.  Jika page view blog yang ada saat ini tidak terlalu tinggi, maka perlu adanya perbaikan konten blog, salah satunya dengan memerhatikan SEO pada tulisan kita. Saya pernah menuliskan tentang SEO pada tulisan  Cara Kerja Yoast SEO dan bagian 2 sebagai plugin dari WordPress self-hosted yang darinya saya belajar sedikit banyak tentang SEO.

Meningkatkan Rate Card

Rate card adalah isitilah yang sering digunakan pada bidang marketing. Dalam makna generalnya, rate card adalah tarif. Pada case blog, rate card adalah tarif yang ditetapkan pada suatu blog berdasasarkan indikator-indikator tertentu. Biasanya, page view menjadi salah satu indikator yang menentukan besar-kecilnya rate card suatu blog. Semakin tinggi page view, semakin besar rate cardnya.

Memperbesar Peluang Kerjasama

Selain Domain Authority, sebuah perusahaan biasanya mempertimbangkan sebuah blog untuk bekerjsama adalah dengan seberapa banyak page view-nya. Sehingga, dengan meningkatkan page view akan juga meningkatkan peluang kerjasama dengan pihak-pihak tertentu.

Ragam Sumber Traffic

Sebelum meningkatkan pagw view, kita perlu tahu terlebih dahulu terkait sumber traffic page view. Pada data page view, terdapat berbagai macam sumber traffic atau berasal dari mana saja pengunjung blog kita. Pada Google Analytic terdapat beberapa jenis sumber traffic yaitu: 

Organic Search

Organic search atau hasil pencarian organik adalah hasil pencarian yang berasal dari mesin pencari. Jadi, pengunjung menemukan blog kita berada pada daftar hasil pencarian atas keyword yang dia ketikkan di mesin pencari lalu masuk ke dalam blog kita. 

Direct

Direct adalah sumber traffic yang berasalah dari pengetikkan langsung nama kita di mesin pencari, atau meng-klik langsung dari bookmark yang terdapat di browser. 

Referral 

Referral adalah sumber traffic yang berasal dari backlink yang ditaruh di blog atau website lain. Jika web atau blog orang lain menaruh tautan blog kita lalu diklik oleh pengunjung web atau blog tersebut, maka akan tercatat traffic yang masuk sebagai sumber referral. 

Social

Social adalah sumber traffic yang berasal dari media sosial tempat kita meletakkan tautan blog kita. 

Cara Meningkatkan Page View

Lalu, bagaimana cara meningkatkan page view? Mba Rini menyebutkan beberapa strategi untuk meningkatkan page view sebuah blog, yaitu: 

Riset Keyword

Dengan riset keyword, kita memastikan bahwa tulisan kita mengandung keyword yang cukup sering diketikkan di mesin pencari. Mba Rini menyarankan untuk gunakan intuisi dalam meriset keyword: kira-kira keyword apa yang sering diketikkan di mesin pencari. Jika telah menemukan beberapa keyword, gunakan keyword planner yang d-isupport oleh Google Ads sebagai alat untuk melihat seberapa populer keyword tersebut. Setelah muncul hasilnya, pilih keyword dengan intensitas pencarian dimulai dari 100-1000 pencarian. Lalu, tuliskan tulisanmu dengan berbekal keyword tersebut. 

Menulis sesuai SEO dan Human Friendly

Menurut mba Rini, dengan menulis artikel atau tulisan yang sesuai SEO dan human friendly dapat meningkatkan page view suatu blog. 

Bagaimana caranya menulis yang sesuai SEO?  Sebelum menulis, pilih keyword yang akan digunakan. Keyword ini akan menjadi kunci dari isi tulisan, termasuk dalam membuat judul. Masukkan keyword pada judul tulisan. Keyword juga perlu disebutkan berulang-ulang pada badan tulisan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengulang sehingga tulisan menjadi membosankan. Tulislah sebuah tulisan dengan panjang 500-600 kata. Semakin panjang, semakin baik karena dinilai lebih lengkap. Jangan lupa juga menyertakan eksternal dan internal link pada tulisan kita. Eksternal link adalah tautan dari luar blog. Bunda bisa memasukan tautan dari web atau blog yang kredibel untuk mendukung isi tulisan. Sedangkan internal link adalah tautan dari blog kita sendiri. Misal kita menyertakan tautan untuk tulisan lain yang serupa dengan yang sedang dibahas dalam tulisan tersebut. Jangan lupa tuliskan juga meta deskripsi yang baik yang mencerminkan isi tulisan kita. Mba Rini merekomendasikan meta deskipsi dituliskan sepanjang 100-250 kata dan mengandung keyword tulisan di dalamnya.  

Lalu, bagaimana cara membuat tulisan yang human friendly? Mba Rini menyarankan untuk menulis dengan bahasa yang paling nyaman. Berawal dari kenyaman si penulis, tulisan diharapkan akan mampu juga membuat pembaca menjadi nyaman. Jangan lupa juga gunakan gambar untuk meningkatkan kualitas tulisan kita. Tulisan dengan gambar dinilai lebih informatif dan tidak menjemukan. Untuk optimasi gambar, masukkan keyword pada alt gambar. Gunakan juga fasilitas heading dan sub heading sebagai pemecah tulisan yang terlalu panjang. Dengan menggunakan heading dan sub heading, pembaca diberikan jeda sebentar dalam membaca. Dan juga, heading dan sub heading berguna untuk skimming awal tulisan agar pembaca bisa mendapatkan garis besar isi tulisan. 

Sebagai pengguna wordpress self-hosted, saya menggunakan plugin Yoast SEO yang membantu saya mengecek apakah tulisan saya sudah sesuai dengan SEO yang baik atau belum. Saya sudah pernah menulis tentang Cara Kerja Yoast SEO dan bagian 2-nya. Bunda bisa membacanya untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana cara kerja suatu plugin SEO.

Bagaimana Bunda, sudah siap meningkatkan page view blog? Kita belajar bareng-barng ya Bund. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Bunda ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here