Konsisten Membaca Al Kahfi: Sebuah Tips

0
815
tips konsisten membaca Al Kahfi
- Article top ad -

Jumat barokah! Apa sih yang identik dari hari Jumat? Bagi muslim, setiap Jumat ada sunnah Rosul yang sangat baik untuk dilakukan: membaca Surat Al Kahfi. Waktu terbaik untuk membaca Al Kahfi adalah dari selepas magrib hari Kamis hingga berakhir di magrib hari Jumat. Membaca keseluruhan surat Al Kahfi memiliki keutamaan yang sayang untuk dilewatkan. Namun, seringnya kita sulit untuk membaca tuntas satu surat dalam waktu 24 jam tersebut. Untuk membaca tuntas 1 surat Al Kahfi, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung seberapa cepat tempo membaca dan apakah diiringi dengan membaca terjemahan setelah membaca Al Kahfi. Pun jika tuntas, belum tentu konsisten membaca di setiap Jumat. Kali ini, saya mencoba membagikan tips konsisten membaca Al Kahfi. Bukan, bukan karena saya sudah sukses konsisten membaca Al Kahfi, melainkan sebagai pengingat diri dan semoga dapat juga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. 

  1. Meminta kepada Allah
Konsisten Membaca Al Kahfi - Allah
Sumber gambar: Pixabay.com

Hal pertama dan utama adalah meminta kemudahan kepada Allah yang Maha Kuasa. Kita hendak membaca kalam-Nya, minta izin kemudahan dengan sebaik-baik permintaan. Sebaik apapun perencanaan kita untuk menuntaskan membaca 1 surat Al Kajfi, jika Allah tidak menghendaki, maka tidak akan rampung bacaan kita. Maka, rendahkan diri kita, minta pada-Nya kemudahan dan konsistensi dalam melaksanakan tuntunan Rosul yaitu membaca surat aal Kahfi.

  1. Mengetahui keutamaan membaca Surat Al Kahfi
Strong Why

Dengan mengetahui keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka diharapkan kita telah menemukan strong why untuk terus konsisten merampungkan membaca Al Kahfi pada setiap Jumat. Teman-teman dapat menggali lebih dalam tentang keutamaan ini pada sumber yang terpercaya. Salah satu keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat adalah Allah akan menjaga kita sejak satu Jumat hingga Jumat berikutnya. Apa ada penjagaan yang lebih baik dibandingkan dengan penjagaan oleh Sang Pencipta? 

Saya memaknai ini juga berarti penjagaan dari segala macam hal yang membahayakan seperti godaan syaitan, kejahatan manusia dan jin, dan termasuk juga penjagaan dari virus corona yang lagi santer sejak awal tahun ini. 

  1. Meluangkan waktu khusus
Konsisten Membaca Al Kahfi - Membaca Quran
Sumber gambar: Pixabay.com

Jika sudah meminta kemudahan dan menemukan strong why, selayaknya kita meluangkan waktu khusus untuk membaca Al Kahfi hingga rampung. Kita bisa mengurangi waktu tidur kita demi meluangkan waktu membaca Al Kahfi di tengah malam. Tidak harus tengah malam, yang penting luangkan waktu khusus jangan menunggu waktu luang.

  1. Mengenali Waktu Luang
jam pasir

Jika belum mampu konsisten dengan waktu yang telah diluangkan, maka kenali waktu luang yang ada. Jika teman-teman seorang pegawai kantor, teman-teman bisa mencicil membaca Al Kahfi saat dalam perjalanan menuju kantor, jika memungkinkan. Jika teman-teman adalah ibu rumah tangga yang membersamai anak-anak di rumah sepanjang waktu, teman-teman dapat membaca Al Kahfi ketika anak-anak sedang tidur. Waktu luang setiap orang berbeda, kenali dan manfaatkan. 

Saya kira itu 4 (empat) tips konsisten membaca Al Kahfi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Tips tersebut masih saya lakukan hingga saat ini. Jika teman-teman telah berhasil konsisten membaca Al Kahfi di hari Jumat pada beberapa waktu lamanya, jangan berbangga hati. Merujuk pada poin nomor 1 di atas, keberhasilan yang ada semata-mata adalah karena Allah mudahkan. Tapi, jangan hanya menunggu dimudahkan, kita wajib juga untuk mencari sebab atas kemudahan Allah dengan ikhtiar sebaik-baiknya. 

Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih!

- Article bottom ad -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here