Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul: Ulasan Buku

3
226
Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul
Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul
- Article top ad -

Halo, Bunda! Sedang membaca buku apa hari ini? Saya sedang membaca buku yang sebenarnya buku anak tapi tetap cocok dibaca oleh orang dewasa. Isinya bagus dan masih relevan dengan saya yang minim ilmu. Judul bukunya adalah Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul. Buku ini ditulis oleh Abunnada. Jika Bunda aktif di instagram, mungkin Abunnada tidak asing lagi bagi Bunda. Ilustrasi menarik dan kekuatan penyampaian pesan menjadi keunggulan Abunnada. Selain itu, pemilihan topik bahasan yang berasal dari hal-hal yang akrab dengan kehidupan sehari-hari juga cukup segar. Buku Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul ini merupakan salah satu buku beliau. Bagi Bunda yang penasaran dengan isinya, yuk ah lanjut bacanya!

Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul

Kisah Shahih para Nabi dan Rasul

Seperti yang disebutkan pada judul, buku ini berisi kumpulan kisah para Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui. Kisah yang disampaikan runtut dari kisah Nabi sekaligus manusia pertama, Adam ‘Alaihissalam, hingga Rasul terakhir, Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wassalam.

Diceritakan bagaimana kehidupan Nabi Adam dan istrinya saat di surga, lalu melanggar apa yang Allah suruh. Nabi Adam akhirnya Allah turunkan ke bumi dan beranak-pinak di bumi. Kisah lalu berlanjut bertutur tentang Nabi Idris lalu Nuh dan seterusnya hingga Nabi Muhammad. Total ada 26 kisah yang disampaikan. Loh, kok 26? Bukannya 25? Ini juga yang menjadi pertanyaan saya ketika skimming buku di awal. Ternyata penulis memasukkan kisah Nabi Khidr setelah kisah Nabi Musa dan sebelum kisah Nabi Ilyas Ilyasa. Dari yang saya ketahui, ada perdebatan para ulama tentang apakah Khidr adalah seorang Nabi ataukah hanya seorang hamba Allah yang sholeh yang Allah beri ilmu padanya. Di buku ini, penulis mengambil rujukan ulama yang menggolongkan Nabi Khidr sebagai seorang Nabi. 

Ada beberapa kisah Nabi yang belum pernah saya ketahui sebelumnya, bahkan namanya saja baru tahu setelah membaca buku ini (duh, malu!). Di urutan ke-18 ada kisah tentang Nabi Hizqiyal yang Allah utus pada Bani Israil. Pada masa Nabi Hizqiyal, Bani Israil ditimpa suatu penyakit yang ganas yang menyebabkan tewasnya ribuan orang. Kisah selanjutnya yang baru saya ketahui dari membaca buku ini adalah kisah tentang Nabi Syamuel. Seperti juga Nabi Hiqiyal, Nabi Syamuel Allah utus untuk Bani Israil. Ada lagi kisah tentang Nabi Danial yang dilempar ke dalam kandang singa oleh Raja yang lalim.

Pada buku ini diceritakan kisah Nabi Zakariya dan Nabi Yahya dalam satu rangkaian di urutan ke-24 setelah kisah Nabi Uzair dan sebelum kisah Nabi ‘Isa. 

Kisah Shahih para Nabi dan Rasul: Kisah bentuk Puisi

Ini menjadi salah satu alasan yang membuat buku Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul ini berbeda dengan buku anak kebanyakan, kisah-kisah yang ada disampaikan dalam bentuk bait-bait puisi. Dalam satu bait terdiri dari empat baris dengan rima. Kalimat kadang panjang, kadang pendek. 

Kenapa puisi? Ini pertanyaan yang bercokol di kepala saya ketika awal-awal mulai membacakan kisah Nabi Adam kepada anak. 

“Puisi bukan sekadar seni merakit kata. Namun, is juga mengasah rasa. Membaca puisi dapat memunculkan rasa nikmat karena untaian kata dalam puisi pada umumnya mengandung rima”

(Halaman iii, Muqaddimah Penulis)

Saya kira tadinya puisi selalu berisi kata-kata yang tersembunyi maknanya. Saking tersembunyi, saya sering gagal memahami puisi, apalagi menikmatinya. Tapi ini berbeda. Saya tetap bisa menikmati membaca kisah ini karena disajikan dengan bercerita namun dengan bahasa yang indah. Dari rima sudah terlihat indah, belum lagi bicara tentang diksi yang penuh pertimbangan. Memang Abunnada tidak diragukan lagi kemampuannya merangkai kata. 

Rujukan Shahih

Walaupun disajikan dengan kata-kata indah, kisah ini adalah kisah shahih yang terpercaya sumbernya. Jadi, ini bukan cerita ngarang-ngarang ya. Atau agar terlihat indah, kata-kata yang disematkan jadi melenceng dari cerita sesungguhnya. No!

Dalam muqaddimah, penulis menyampaikan bahwa buku ini adalah ringkasan dari buku karya Imam Ibnu Katsir yang berjudul Kisah Shahih Para Nabi. Seringnya saya menjadi terlalu pemilih untuk membacakan buku kisah Nabi dan Rasul kepada anak saya karena khawatir tidak shahih rujukannya. Sehingga, anak mendapatkan kisah yang salah walaupun berpesan moral baik. Karenanya, rujukan yang benar dalam berkisah kepada anak adalah penting. Agar anak-anak mengetahui kisah Nabi dan Rasul yang tidak hanya mengandung pesan moral baik, tetapi juga benar. 

Bunda juga akan melihat ada footnote (catatan kaki) di bagian bawah setiap halaman. Selain menjelaskan kata-kata yang dinilai tidak umum, footnote menunjuk rujukan atas kalimat yang digunakan. Rujukan yang berada pada footnote setidaknya berasal dari Alquran, hadits, dan buku rujukan Imam Ibnu Katsir. 

Ilustrasi sebagai Penjelas

Selayaknya buku anak, buku ini juga disajikan dengan ilustrasi yang menarik. Dalam 2 halaman, setidaknya ada sebuah ilustrasi. Dengan melihat ilustrasi, saya menjadi tahu tentang pembagian ruangan di dalam kapal Nabi Nuh: bagian bawah satwa-satwa, bagian tengah Nuh dan pengikutnya, dan bagian atas untuk burung-burung dan semisalnya. 

Rekomendasi

Menurut saya buku ini layak untuk dimiliki dan dibaca oleh anak-anak kita. Kita, orangtua, tentunya ingin anak-anak kita mengenal.Nabi dan Rasulnya, tetapi seringnya buku-buku bertema Nabi dan Rasul terasa menjemukan bagi anak-anak. Buku Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul ini berbeda. Pengenalan puisi, kisah shahih, dan ilustrasi yang menarik menjadi satu paket yang menjadikannya lebih unggul dari buku serupa. 

Bagi anak-anak yang belum bisa membaca, kita sebagai orangtua mempunyai peranan penting untuk menyampaikan isi buku dengan menyenangkan. Jangan sampai kisah Nabi dan Rasul terdengar membosankan bagi anak-anak. Ini serupa biogragi dari orang-orang terpilih. Orang-orang yang bisa jadi teladan buat anak-anak kita. Cukuplah kisah Nabi dan Rasul menggantikan kisah-kisah superhero fiksi yang banyak didengungkan. Agar anak-anak kita tahu, superhero benar adanya (tidak fiksi) dalam jiwa orang-orang terbaik, Nabi dan Rasul. 

Deskripsi buku
Deskripsi buku

Gimana Bund, tertarik pengin punya bukunya? Sung cari bukunya di toko buku online atau market place kesayangan. Semoga bermanfaat ya Bun. 

- Article bottom ad -

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here