Aplikasi Ipusnas: Sebuah Review

5
764
Review Aplikasi Ipusnas
- Article top ad -

Aplikasi ipusnas ini lumayan sering saya gunakan tetapi belum pernah saya tulis review-nya di sini . So, this is it! 

Ipusnas: Perpustakaan Online

Aplikasi ipusnas adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dikeluarkan tahun 2016, ipusnas telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Playstore. Aplikasi ini dapat digunakan via gawai pintar, komputer jinjing, atau PC.

Bagaimana cara memanfaatkan aplikasi ini? Setelah mengunduh aplikasi ipusnas di Google Playstore, teman-teman dapat mendaftarkan diri sebagai pengguna perpustakaan (pemustaka) dengan menggunakan email atau akun Facebook. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pemustaka dapat langsung mencari buku yang ingin dipinjam dengan mengetikkan judul buku atau nama penulis pada fitur pencarian yang diwakili dengan gambar kaca pembesar di pojok kanan atas. Jika buku tersedia untuk dipinjam, maka pemustaka dapat menekan tombol pinjam atau borrow.

Meminjam Buku di Ipusnas
Meminjam Buku di Ipusnas

Jika jumlah copy number yang tertera adalah 0 book, maka artinya buku sedang dipinjam pemustaka lainnya. Untuk mengantre, pemustaka dapat memilih opsi queue (antre). 

Antre Buku Ipusnas
Antre Buku Ipusnas

Buku yang berhasil dipinjam akan masuk ke dalam rak buku (bookshelf) digital pemustaka. Untuk setiap buku, pemustaka memiliki waktu pinjam 3 hari (5 hari pada beberapa buku tertentu) sebelum akhirnya ipusnas menarik otomatis buku dari rak buku digital pemustaka. Jika pemustaka sudah menyelesaikan membaca buku sebelum batas waktu yang ditetapkan dan ingin segera mengembalikan buku tersebut ke perpustakaan, pemustaka dapat menekan simbol 3 titik pada bagian kanan bawah dan pilih opsi return (mengembalikan). 

Mengembalikan Buku
Mengembalikan Buku

Ipusnas menggolongkan pemustaka menjadi 3 tingkatan (read-level) berdasarkan kriteria tertentu. Ketiga tingkatan tersebut adalah: 

  1. Newbie

Bagi yang baru mendaftar sebagai pemustaka ipusnas, secara otomatis berada pada level Newbie. 

  1. Book worm

Untuk naik ke level Book Worm, pemustaka Newbie harus memenuhi syarat berikut:

  • Melengkapi profil
  • Telah berkomentar lebih dari 5 komentar
  • Telah meminjam 10 buku
  • Telah membaca 5 buku
  1. Socializer

Tidak cukup sampai level Book Worm, pemustaka dapat naik tingkat ke level Socializer jika telah memenuhi syarat berikut: 

  • Mengikuti (follow) 10 orang
  • Menggunakan fitur share sebanyak 10 kali
  • Membagikan rekomendasi 5 buku
  • Mendapatkan 10 pengikut (follower)

Selain meminjam buku, pemustaka juga dapat membagikan review buku, memberikan rekomendasi, dan dapat berkenalan dengan pemustaka lainnya. Menyenangkan ya!

Kelebihan Aplikasi Ipusnas

Berdasarkan pengalaman menggunakan ipusnas, saya menilai ada beberapa poin yang menjadikan ipusnas layak untuk dicoba, yaitu: 

  1. Mudah digunakan

Tampilan antar mukanya sederhana dan relatif mudah digunakan.

  1. Aplikasi tidak berat

Ukuran aplikasi relatif ringan sekitar 25 Mb. 

  1. Ada keterangan kapan buku akan dikembalikan. 

Kita dapat mengetahui kapan waktu peminjaman berakhir  dengan menekan fitur info (simbol ‘i’) pada kiri bawah tampilan buku. Dengan begitu, kita dapat menyusun strategi membaca agar buku dapat selesai dibaca sebelum batas waktunya habis. 

Batas Waktu Peminjaman Buku
Batas Waktu Peminjaman Buku
  1. Ada bookmark pada buku bacaan

Seperti halnya pembatas buku, keberadaan bookmark penting demi susksesnya proses membaca hingga tuntas. 

  1. Tidak bisa dilakukan capture

Karena tidak bisa di-capture, buku terlindungi dari penggandaan oleh pemustaka yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan Aplikasi Ipusnas

Tidak ada gading yang tak retak, begitu pun dengan aplikasi ini. Saya mencatat beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan sebagai berikut:

  1. Koleksi kurang lengkap

Saya menilai koleksi buku di ipusnas relatif kurang lengkap. Hal ini didasarkan pada pengalaman saya yang berkali-kali mencari buku dan mendapatkan pesan ‘buku tidak ditemukan’. 

  1. Sering terjadi error

Pada beberapa kesempatan, saya menemukan aplikasi ipusnas error sehingga proses pencarian dan peminjaman buku terhambat. Hal ini terjadi lebih dari satu kali dalam sebulan, sangat disayangkan!

  1. Durasi peminjaman buku relatif singkat

Saya kira kebanyakan kita setuju, durasi pinjam 3 hari dirasa terlalu singkat. Sering sekali saya mengalami, buku yang saya pinjam telah dikembalikan otomatis sedangkan saya belum selesai membaca buku tersebut. Di satu sisi, ini menjadi tantangan bagi saya untuk dapat segera menyelesaikan membaca buku sebelum buku tersebut hilang dari rak buku digital saya. Namun, di sisi lain, dengan mempertimbangkan budaya membaca masyarakat Indonesia yang masih minim, alangkah eloknya jika ipusnas memberikan toleransi dengan memperpanjang durasi peminjaman buku menjadi 5 atau 7 hari. Dengan demikian diharapkan dapat menarik bagi orang-orang yang minim pengalaman membaca. 

Secara keseluruhan, aplikasi ini sudah cukup bagus dan sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh teman-teman. Ipusnas memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk meminjam buku tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi ipusnas ini, kalian perlu coba, setidaknya sekali seumur hidup! 

Semoga bermanfaat. Tabik!

Sumber gambar: Ipusnas, tangkapan layar pribadi.

- Article bottom ad -

5 COMMENTS

  1. Saya juga pemakai iPusnas dan seneng banget ada aplikasi ini. Cocok buat yang mau baca buku tapi modal terbatas hehe

    Saya setuju sekali sama Mba, masa pinjamnya terlalu singkat. 3 hari itu cukup sulit untuk menamatkan sebuah buku apalagi yang tebal dan pembawaannya berat. Kalau bukunya populer, susah sekali untuk dapat antriam, tiba tiba bukunya sudah dikembalikan. Menurut saya agak sulit juga pembagian genrenya, jadi susah kalau hanya lihat lihat dan belum ada buku tujuan

    • Iya bener mba, buku baru dan populer sering ga kedapetan. Aku ada antri 1 buku bersama dengan 3 ribuan orang lainnya.. wkwkwk. Sekalinya dapet, bacanya belom selesai. Jadi gemes ngantrinya ?

      Bener mba, perlu ada list kali ya. Buku terbaru, buku genre apa gtu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here