Review Hometown Cha Cha Cha

2
113
- Article top ad -

Salah satu drama yang saya tunggu rilisnya adalah Hometown Cha Cha Cha yang dimainkan oleh Kim Seon Ho dan Shin Min Ah sebagai pemeran utama pria dan wanita. Berselang satu hari dari rilisnya drama D.P., Hometown Cha Cha Cha (Homecha) rilis pada tanggal 28 Agustus 2021. Berbeda dengan D.P. yang agak dark, Hometown Cha Cha Cha ini lebih hangat dan menyenangkan dengan latar belakang tempat desa Gongjin yang berlokasi di tepi pantai. Buat kamu yang belum nonton drama ini, boleh dibaca dulu review Hometown Cha Cha Cha di bawah ya! Kamu udah nonton Hometown Cha Cha Cha? Boleh dong berbagi kesan kamu tentang drama yang masih on going ini!

Sinopsis Hometown Cha Cha Cha (Homecha)

Sumber: instagram/tvn_drama
  • Judul Drama: Hometown Cha Cha Cha
  • Sutradara: Yoo Je Woon
  • Penulis Naskah: Shin Ha Eun
  • Pemain: Kim Seon Ho, Shin Min Ah, Lee Sang Yi, dll
  • Rilis: 28 Agustus 2021
  • Jumlah Episode: 16
  • Genre: Romance

Seorang dokter gigi wanita bernama Yoon Hye Jin bekerja pada suatu klinik gigi di daerah Seoul. Suatu hari, ia melakukan kesalahan fatal kepada atasannya yang dianggapnya lebih memikirkan keuntungan dibandingkan kepentingan pasien yang berobat. Atas kesalahan yang dilakukannya saat mabuk tersebut, Hye Jin kehilangan pekerjaan dan kesulitan mendapatkan pekerjaan kembali di Seoul karena kesalahan fatal dan memalukan tersebut telah diketahui oleh komunitas dokter gigi di sana.

Dalam kondisi ingin menenangkan diri sekaligus memeringati hari ulang tahun mendiang Ibunya, Hye Jin mengunjungi pantai di desa Gongjin. Di pantai ini terekam memori Hye Jin ketika berlibur bersama orangtuanya dulu saat masih kecil.

Siapa sangka, hari tersebut merupakan hari yang akan mengubah kehidupan Hye Jin. Kejadian demi kejadian tidak terduga menimpa Hye Jin. Kejadian-kejadian tersebut mengakibatkan Hye Jin berinteraksi intens dengan Pak Hong yang pertama kali bertemu muka secara tidak sengaja di pantai. Pak Hong adalah penduduk asli Gongjin yang tidak memiliki pekerjaan resmi namun memiliki banyak lisensi keterampilan. Singkatnya, ia tampan, pintar, dan terampil. Ia menghidupi dirinya dengan bekerja serabutan dengan upah minimum per jam.

Sumber: instagram/tvn_drama

Pertemuan-pertemuan mereka setelahnya lagi-lagi secara kebetulan. Hal ini dimungkinkan karena Pak Hong adalah andalan penduduk Gongjin dalam menyelesaikan masalah-masalah mereka. Hye Jin yang tiba-tiba digempur berbagai masalah mau tak mau harus sering berhubungan dengan Pak Hong. Malam itu, Hye Jin terpaksa menginap di sebuah sauna di Gongjin karena tidak bisa pulang dan tidak memiliki uang cash yang cukup untuk menyewa penginapan.

Keesokan paginya, Hye Jin kembali ke Seoul. Dalam perjalanan, ia diminta kembali bekerja oleh mantan atasannya. Tetapi, permintaan ini memicu kembali pertengkaran antara Hye Jin dan mantan atasannya. Dalam kondisi marah tersebut, Hye Jin memutuskan kembali ke Gongjin dan berencana membangun klinik gigi di sana. Ia ingin membuktikan bahwa ia mampu berdiri di atas kakinya sendiri dengan membuka klinik gigi.

Sejak saat itu, kehidupan Hye Jin yang berbeda dimulai. Proses pembangunan klinik gigi dari hulu ke hilir sangat lekat dengan peran Pak Hong si Jack of All Trades. Dari pencarian tempat hingga sosialisasi pembukaan klinik gigi ditangani oleh Pak Hong.

Namun demikian, friksi antara Hye Jin dan penduduk Gongjin tidak terelakkan. Hye Jin yang lama tinggal di kota dinilai tidak sensitif dengan nilai-nilai lokal yang dianut oleh penduduk Gongjin. Ia juga cenderung menutup diri, angkuh, dan enggan berkumpul dengan penduduk lainnya. Hal ini tidak menguntungkan mengingat ia sedang membangun sebuah bisnis perawatan gigi di tempat tersebut. Di situlah Pak Hong kembali berperan. Ia sangat berjasa dalam membantu Hye Jin si orang kota beradaptasi dan berbaur dengan penduduk Gongjin.

Sumber: instagram/tvn_drama

Apakah Hye Jin berhasil membangun bisnis klinik gigi di Gongjin? Apakah akan terjadi hubungan asmara antara Pak Hong dan Hye Jin? Bagaimanakah latar belakang kehidupan Pak Hong? Kenapa Pak Hong yang memiliki berbagai lisensi atas banyak kebisaan yang dia miliki memilih untuk menjadi pengangguran?

Review Homecha: Kombinasi Kim Seon Ho, Shin Min Ah, dan Pemandangan Pantai Gongjin

Drama ini termasuk drama yang saya tunggu karena kehadiran Kim Seon Ho sebagai pemeran utama pria. Pada drama Start Up, Kim Seon Ho sukses membuat jagat penonton drama terbelah menjadi 2, pendukung Han Ji Pyeong dan pendukung Nam Do San. Kim Seon Ho berperan sangat baik sehingga saya pribadi terbawa perasaan pada karakter Han Ji Pyeong. Atas dasar memori baik tersebut, saya penasaran bagaimana peran Kim Seon Ho pada drama Hometown Cha Cha Cha yang, kalau tidak salah, menjadi drama pertama Kim Seon Ho sebagai main lead actor.

Yang juga ditunggu adalah Shin Min Ah sebagai pemeran utama wanita. Saya menyukai My Girlfriend is Gumiho dan Oh My Venus yang mana pada drama tersebut Shin Min Ah menjadi pemeran utama wanita. Aktingnya yang bagus serta parasnya yang cantik membuat saya menunggu betul bagaimana jadinya jika ia dipasangkan dengan Kim Seon Ho sebagai pemeran utama wanita.

Sumber: instagram/tvn_drama

Jadi, bagaimana review Hometown Cha Cha Cha?

Sampai dengan saat ini (drama masih on going, terakhir episode 6), Hometown Cha Cha Cha termasuk drama yang ringan untuk ditonton. Konflik pada episode-episode awal tentang orang kota yang tidak sensitif cukup meninggalkan kesan mendalam. Kita orang kota terlalu larut dalam prinsip kebebasan. Padahal, kebebasan yang digadang-gadang seringnya menjadikan diri tidak sensitif pada sekitar. Sejauh ini, beberapa percakapan mengandung makna yang dalam yang mungkin akan dijadikan quotes di jagat maya.

Jalan ceritanya ringan walaupun belum bisa dibilang menarik. Seringnya, cerita berjalan membosankan. Konflik dirasa kurang intens dan terlalu menjual romansa Pak Hong dan Hye Jin yang terasa seperti adegan-adegan dalam sinetron atau ftv. Episode baru-baru ini malahan mengindikasikan adanya tarik-ulur perasaan antara Pak Hong dan Bu Hye Jin. Jika memang betul ada proses tarik-ulur perasaan, saya ga yakin bisa tabah menontonnya di episode-episode selanjutnya. Tarik-ulur perasaan yang berlarut-larut adalah salah satu scene yang kurang saya suka.

Jika pun ada yang menarik perhatian saya pada jalan cerita drama ini adalah tentang misteri Hong Dhu Sik alias Pak Hong. Ketidakhadirannya di Gongjin selama 5 tahun selepas lulus kuliah dinobatkan menjadi satu dari tiga misteri yang tak terpecahkan di Gongjin. Ditambah lagi, orang multi talenta seperti Pak Hong memutuskan untuk tidak bekerja (bahkan juga bukan pengusaha), kondisi ini mengganggu saya. Mungkin ada latar belakang kuat selain ‘menikmati hidup’ (alasan ini yang ia sampaikan saat Hye Jin bertanya kenapa ia tidak bekerja). Kiranya, ada apa dengan Pak Hong?

Walaupun terasa bosan, salah satu alasan yang membuat saya tetap menonton Hometown Cha Cha Cha adalah pemandangan desa Gonjin yang menenangkan. Pantai, kapal-kapal nelayan, mercusuar, bukit, semuanya menenangkan. Saya melihat kehidupan slow living penduduk Gongjin sungguh menentramkan. Kumpul-kumpul ngobrol ngalor ngidul. Akrab satu sama lain. Saling menolong. Menonton kegiatan penduduk Gongjin di kala pandemi seperti ini cukup menyenangkan. Soundtrack drama ini juga asik banget, mewakili suasan tepi pantai.

Sumber: instagram/tvn_drama

Hong Dhu Sik vs Kim Seon Ho

Sebagai Han Ji Pyeong, Kim Seon Ho berakting bagus sekali. Sosok Han Ji Pyeong lantas menjadi idaman para penonton drama Start Up yang terjangkiti second lead syndrome. Karenanya, saya mencoba menonton variety show 2d1n yang salah satu penampilnya adalah Kim Seon Ho. Dari situlah saya melihat betapa Han Ji Pyeong dan Kim Seon Ho sungguh berbeda.

Pandangan tentang Kim Seon Ho yang telah melekat itu kadang masih terbawa saat saya menonton Homecha ini. Beberapa adegannya yang seharusnya menguatkan kharisma Hong Dhu Sik malah menyisakan kesan sebaliknya. Salah satu adegan pada episode 5 paling jelas terasa.

Saat itu Hong Dhu Sik dan Hye Jin memutuskan makan siang di sebuah tempat makan yang berlokasi di pinggir pantai, di desa sebelah Gongjin. Saat menunggu makanan datang, Hye Jin yang belum percaya bahwa Dhu Sik lulusan Universitas Nasional Seoul mengujinya dengan memberikan soal matematika (atau kalkulus?). Dengan serius, Dhu Sik mencoret-coret meja untuk menyelesaikan soal tersebut. Hasilnya, jawabannya benar. Beberapa kali terjadi seperti itu hingga meja menjadi penuh dengan coretan (ini ga manner banget ga sih? Ngerusak meja orang. Heu).

Bagi penonton 2D1N sudah tau betul bagaimana hubungan Seon Ho dengan matematika. Jauh berbeda dengan karakter Dhu Sik. Walaupun ini drama, saya agak menyayangkan kenapa kemampuan intelegensia harus diukur dari kemampuan menyelesaikan soal matematika yang kurang cocok dengan Seon Ho.

Sampai dengan saat ini, saya masih belum merasa greget sama Hometown Cha Cha Cha, tapi masih mau menonton lanjutannya karena hal-hal yang menarik perhatian saya di atas. Untuk kamu yang penasaran dengan adu akting Kim Seon Ho dan Shin Min Ah, silakan ditonton Homecha di Netflix. Selamat menonton!

- Article bottom ad -

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here