Review Clodi: Klodiz, Babyland, dan Cluebebe

0
750
Review Clodi
- Article top ad -

Hai Bunda! Kali ini saya mau review clodi (cloth diapers). Clodi adalah semacam popok kain dengan lapisan agak tebal dan tahan air di bagian luarnya untuk mencegah tembus pipis. 

Sebelumnya saya sudah pernah review clodi di akun instagram saya di @purnamaindah_pei kira-kira ketika Adek Dawud berusia 3 bulan. Saat itu saya sudah menggunakan clodi untuk Dawud sekitar 2 bulan karena 1 bulan pertama masih menggunakan popok kain dari pagi s.d. sore dan pospak (popok sekali pakai) untuk malam hari. 

Review Clodi November 2019
Review Clodi November 2019

Latar Belakang Menggunakan Clodi

Sebelum beranjak ke review, saya mau cerita kenapa saya pakaikan clodi untuk Dawud. Alasan ini sedikit banyak akan memengaruhi pengambilan keputusan saya pada merk clodi tertentu. 

Alasan pertama adalah agar lebih ekonomis. Dibandingkan dengan konsumsi pospak setiap hari, saya kira akan lebih ekonomis jika diganti menggunakan clodi. Memang konsekuensinya, dibutuhkan waktu untuk mencuci. Ditambah lagi, mencuci clodi sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci. Jadi, selain dibutuhkan waktu tambahan untuk mencuci, ditambah juga tenaga untuk mencuci clodi secara manual. 

Alasan kedua adalah agar minim sampah. Klise ya? Ga papa. Saya mencoba mulai dari hal yang saya bisa. Kebayang, jika 1 hari anak saya masing-masing menggunakan 3 pospak, dalam satu hari ada 6 sampah pospak. Dalam seminggu, ada 42 sampah pospak. Dalam sebulan, ada 180 sampah pospak. Luar biasa banyak ya? Sudah banyak penjelasan bagaimana pospak sulit terurai dan efek buruknya bagi bumi tempat kita tinggal. Lalu, bagaimana nanti saya bertanggung jawab di hari penghisaban kelak?

Review Clodi

Review Clodi Instagram
Review Clodi Instagram

Gambar di atas adalah review ala-ala di instagram November 2019 silam atau kira-kira 2 bulan pemakaian clodi. Sekarang, pemakaian clodi sudah berumur +/-1 tahun. Tentunya, review kali ini agak beda dengan yang di instagram. 

Saya akan review clodi dengan 3 merk berbeda sekaligus. Sejak November 2019, saya tidak membeli clodi baru sehingga kondisi tetap sama dari sisi jumlah dan merk. Clodi yang saya miliki bermerk klodiz, babyland, dan cluebebe.

Review Clodi dan Inner

Inner yang akan saya sebutkan di sini adalah inmer yang didapatkan satu paket dengan clodinya. Inner adalah lapisan bagian dalam clodi yang berfungsi untuk menyerap air seni bayi. 

Untuk clodi merk Klodiz, inner yang didapat berjumlah 2 lembar dengan 1 lembar berukuran lebih panjang dibanding lembar inner yang lainnya. Saya selalu melipat bagian yang panjang menjadi 2 dan memasukan inner yang pendek ke lipatan inner panjang, lalu seluruh inner dimasukkan ke celah inner pada clodi. Dengan demikian, inner yang dibentuk menjadi 3 lapis dan cukup efektif menahan cairan dari pagi hingga sore. Untuk alasan kebersihan, sebaiknya clodi diganti secara periodik. 

Klodiz
Clodi merk Klodiz

Clodi yang kedua yang saya miliki adalah clodi merk Babyland. Inner yang didapat 2 lembar. Dibandingkan dengan inner Klodiz, inner Babyland cenderung lebih tebal. 

Babyland
Clodi Merk Babyland

Clodi terakhir bermerk Cluebebe. Innernya hanya satu dan cenderung tebal. 

Dari ketiga merk, bahan inner beda-beda. Yang paling tebal inner cluebebe, dan yang paling tipis innernya klodiz. Kalau lagi apes bocah eek di celana, keseluruhan merk inner masih meninggalkan bekas warna tinja. Kalau ini memang kuncinya pada maintenance. Saat terkena eek, buru-buru dibersihkan agar kotoran tidak susah dibersihkan. 

Cuci Menggunakan Mesin Cuci Awet Ga? 

Buns, sangat tidak disarankan mencuci clodi menggunakan mesin cuci ya. Cuma, dikarenakan keteledoran, semua merk clodi yang saya punya pernah masuk mesin cuci dan pengeringnya. Hasilnya? Cluebebe langsung lurus bagian kerut karetnya sehingga karetnya tidak lagi elastis. 

Karet Tidak Elastis
Karet Tidak Elastis

Babyland tidak sedramatis Cluebebe kondisinya, tapi terasa agak kendor di bagian karet lingkar paha. Klodiz paling tangguh di antara yang lainnya. Sampai saat ini kondisinya masih oke punya. Rasanya tidak ada beda signifikan dari sebelum masuk mesin cuci dan sesudah masuk mesin cuci. 

Bahannya Nyaman Ga?

Dari 3 merk clodi yang saya punya, keseluruhannya nyaman. Tidak ada keluhan iritasi pada bayi saya. Bahannya lembut dan mudah menyerap basah. Jika kotor, mudah dibersihkan. 

Mudah Bocor Ga?

Berdasarkan clodi 3 merk tersebut di atas, cenderung jarang bocor. Pada Babyland dan Klodiz, ada kancing perekat 3 kunci di masing-masing kiri dan kanan sehingga kebocoran dapat diminimalisir. Pada Cluebebe, ada perekat velcro berkualitas bagus yang mampu mencegah kebocoran dengan baik. Namun, karena clodi Cluebebe saya kendor bagian karet lingkar paha karena keteledoran mencuci clodi menggunakan mesin cuci, maka kebocoran jadi lebih mudah terjadi dari celah lingkar paha tersebut. Maintenance yang baik adalah koentji!

Saya kira itu ya yang bisa saya bagikan untuk Bunda-bunda sekalian. Jika ada tanggapan, boleh ditulis di kolom komentar ya Bun. Semoga bermanfaat ya Bun. Terima kasih.

- Article bottom ad -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here