Kirim Surat ke Masa Depan dengan Futureme

1
201
Kirim Surat ke Masa Depan dengan Futureme
- Article top ad -

Hai Bunda! Apa yang ada di benak Bunda ketika membaca judul di atas? Kirim surat ke masa depan? Apa sih maksudnya? Beberapa menit setelah sekarang kan juga masa depan, bukan? Bukan itu tapi yang dimaksud. Kita bisa kirim surat untuk 1 tahun bahkan puluhan tahun dari sekarang, keren kan?

Saya tau info ini ketika mendengarkan salah satu episode podcast Kepo Buku. Pada episode tersebut, Bang Rane sebagai salah satu host menceritakan pengalamannya menggunakan layanan futureme.org. Saya langsung berseru dalam hati: wah, seru nih! Tidak menunggu waktu lama, saya langsung cek alamat yang dimaksud. 

Apa itu Futureme?

Futureme.org adalah sebuah situs yang memberikan pelayanan penulisan surat untuk diri sendiri di masa mendatang. Bedanya dengan email biasa, surat ini bisa ditujukan untuk beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan. Ada kalimat template pada badan surat: Dear FutureMe. Kalimat ini bisa diganti-ganti kalau kita mau tulis dengan kata-kata berbeda, misalnya: Untuk Kamu yang sudah berjuang hari ini. Eeeeaa. 

Kirim Surat ke Masa Depan

Saya coba pertama kali menggunakan layanan futureme ini dengan menuliskan surat kepada diri saya sendiri untuk satu tahun mendatang. Setelah menulis surat, saya harus menentukan kapan surat ini direncanakan sampai pada saya di masa mendatang. Saya pilih 1 tahun dari sekarang. Setelahnya, saya harus menentukan apakah surat ini akan dipasang pada mode publik atau privat. Saya pilih privat sehingga surat saya hanya bisa dibaca oleh saya yang dikirimi surat di masa lalu. 

Setelah menentukan tanggal dan mode privat atau publik, saya diminta untuk menuliskan alamat email yang dituju. Setelah menulis alamat email, proses belum selesai. Saya harus meng-klik tautan yang dikirim futureme.org ke email tujuan untuk mengonfirmasi email. Dan, selesai! Surat akan diterima sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Untuk Apa Kirim Surat ke Masa Depan?

Untuk apa kirim surat ke masa depan? Jawaban atas pertanyaan ini bisa berbeda pada masing-masing orang mungkin ya. Kalau saya pribadi, salah satu tujuannya untuk mengingatkan proses atas suatu hal ke diri saya di masa mendatang. Mungkin proses ini akan menjadi suatu pencapaian di masa mendatang yang bisa dikenang dengan indah.

Atau sekadar cerita tentang hari ini. Cerita hari ini bisa jadi dipandang berbeda di 20 tahun mendatang, kan?

Edit Surat 

Apakah surat yang sudah dibuat dan dikonfirmasi emailnya masih bisa diedit lagi? Bisa. Surat yang sudah dikirim masih bisa dibaca dan diedit hingga 48 jam setelah surat itu ditulis. Setelah 48 jam, surat sudah tidak bisa diedit, bahkan dibaca. 

Surat untuk Orang Lain

Selain untuk diri sendiri, kita bisa juga loh kirim surat untuk orang lain. Tapi jangan lupa, Dear Futureme-nya diganti dengan orang yang kita tuju ya. Ketika memasukan alamat email, kita masukan email orang yang dituju. Setelahnya, kita tetap harus mengonfirmasi email yang dituju. Karenanya, kita perlu kerjasama dengan orang yang dituju untuk cek inbox email dia, klik email dari futureme dan klik tautan konfirmasi email pada badan email dari futureme. 

Dengan demikian, kita ga bisa tuh bikin surprise ala-ala ke seseorang dengan nulis surat untuk beberapa tahun ke depan. Karena, kita tetap harus melewati proses konfirmasi email yang mana pada proses ini kita membutuhkan kerjasama orang yang dituju. Beda hal kalau kita mau kirim surat untuk pasangan dan kita bajak sebentar handphone pasangan (tanpa sepengetahuan yang punya ya) untuk proses konfirmasi email. Lalu pada waktu surat tiba, si pasangan akan terkejut haru. Uwuwuwuwu.

Setting Waktu Kirim Surat ke Masa Depan

Futureme menyediakan pilihan waktu untuk kirim surat ke masa depan: 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun. Tetapi tidak terbatas pada pilihan tersebut karena mereka juga menyediakan opsi pemilihan tanggal menggunakan fitur kalender. Dengan demikian, kita bisa bebas memilih tanggal sampai surat ini. 

Saya coba kirim surat untuk diri saya sendiri dengan durasi sampai yang lebih singkat. Ternyata bisa juga loh kirim hari ini dan besok sampai. Tapi, jadi tidak jauh berbeda dengan fungsi email yang ada saat ini. 

Mode Publik dan Privat

Fitur ini menawarkan kepada si penulis surat, apakah surat dapat dilihat oleh khalayak ramai (publik) atau untuk konsumsi pribadi (privat). Memangnya ada surat yang di-setting publik? Banyak! Lengkapnya bisa ceki-ceki langsung di web-nya ya. Rata-rata surat bercerita tentang hal yang general yang terjadi pada masa tersebut. Btw, hanya surat yang sudah delivered yang bisa dilihat ya.

Gimana, seru ga Bund? Bunda mungkin mau coba juga kirim surat untuk diri sendiri atau pasangan atau bahkan anak. Coba deh Bund, setidaknya sekali. Nanti mungkin kita bisa cerita bareng pengalaman dapet surat dari masa lalu 😀 Itu dulu ya Bun. Semoga bermanfaat:)

- Article bottom ad -

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here