Kelas Podcast Siberkreasi Batch 1 (Bagian 2)

14
104
Kelas Podcast
- Article top ad -

Buat yang baru baca di tulisan ini, sebelumnya saya sudah nulis tentang Kelas Podcast Siberkreasi Batch 1 bagian 1 yang bisa dibaca di sini. Tulisan sebelumnya kurang lebihnya membahas sesi 1 hingga sesi 3 kelas Podcast Siberkreasi Batch 1. Penjelasannya memang tidak panjang dan detail. Untuk teman-teman yang berminat mengetahui dan belajar lebih lanjut tentang podcast, bisa ikutan kelas Podcast Siberkreasi Batch 2 yang sudah dibuka pendaftarannya.

kelas podcast
Sumber gambar: Instagram/siberkreasi

Kelas ini free of charge ya alias gratis! Jadi, yang mau upgrade skill di dunia Podcast, langsung daftar segera sebelum ditutup ya. Bagi yang mau cari tau dulu pengalaman alumni batch 1, boleh ya baca lanjutan cerita saya tentang kelas Podcast Siberkreasi Batch 1 di bawah. 

Sesi 4: Kelas Podcast Branding

kelas podcast - Branding
Branding

Sesi ini dibawakan oleh Raditya Dika sebagai pemateri dan Bang Rane sebagai host. Radit menjelaskan tentang bagaimana kita memosisikan akun podcast kita untuk target pendengar kita. Beberapa pertanyaan yang bisa digali seperti siapa target market kita? Jenis atau konsep podcast seperti apa yang cocok untuk kita? Radit juga memberikan tips untuk berkolaborasi dengan podcaster lainnya dibandingkan memosisikan mereka sebagai kompetitor. Dengan begitu, diharapkan mampu menaikan traffic pendengar kita. 

Salah satu saran yang saya ingat betul dari Radit pada sesi ini adalah: “..yang penting konsisten dulu aja produksi konten secara periodik karena kita ga tau konten yang mana yang nantinya akan meledak.” Kalimatnya mungkin tidak sama persis, tapi kira-kira begitu intinya. Kalimat ini powerful banget efeknya kepada saya. Petuah konsistensi ini terdengar klasik tetapi seringnya efektif. 

Saya jadi teringat Malcolm Gladwel pada 10.000 jam nya yang termaktub pada Outliers. Konsistensi. Bagi saya pribadi, konsisten tidak pernah mudah. Tapi saya pikir-pikir, bukannya kita sudah terbiasa belajar konsisten ya? Solat yang berjadwal, jam kerja yang terjadwal, rutinitas hidup yang memiliki kandang waktunya sendiri, lalu kenapa jadi merasa berat melakukan sesuatu dengan konsisten? Sebenernya kan tinggal dimulai dan diulangi lagi, dengan perbaikan jika perlu. Dalam jangka waktu tertentu, saya sudah bisa klaim konsisten melakukan sesuatu alih-alih mengecilkan potensi diri dengan bilang: duh, kayaknya gue susah deh buat konsisten!

Anyway, konsekuensi dari konsistensi produksi konten podcast adalah kita harus memastikan resource untuk membuat konten podcast mudah dicari dan digali serta tersedia untuk jangka waktu yang panjang.

Sesi 5: Monetisasi Podcast

Monetisasi Podcast

Sesi ini dibawakan oleh Om Tio dari Box2Box Podcast sebagai pemateri dan Bang Rane sebagai host. Tidak seperti Youtube, Podcast belum memiliki adsense yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang untung bagi podcaster. Lalu bagaimana caranya podcaster bisa menghasilkan keuntungan? Ada beberapa cara untuk memonetisasi podcast yang salah satunya adalah bekerjasama dengan brand tertentu. Belakangan, beberapa brand sudah mulai menyasar podcast sebagai lahan beriklan mereka. Selain bekerjasama dengan brand, masih ada cara lainnya untuk memonetisasi podcast. Untuk lengkapnya, teman-teman bisa ikutan kelas Podcast Siberkreasi Batch 2 aja ya.

Sesi 6: Kelas Podcast dengan Tamu

Kelas dengan Tamu

Pada sesi ini diundang beberapa podcaster senior. Mereka hadir untuk sharing tentang latar belakang mereka membuat podcast, suka duka selama di dunia podcast, hingga memberikan tips-tips terkait produksi dan branding podcast. Pada sesi ini juga dibedah beberapa akun podcast temen-temen kelas Podcast Siberkreasi Batch 1. Pada sesi 1, kami diminta membuat akun Podcast yang pada sesi akhir ini dibedah beberapa tugas (akun podcast) yang sudah dikumpulkan. Senior podcaster memberikan pendapat, kritik, dan saran untuk perbaikan podcast-podcast tersebut.

Sebuah Testimoni

Sebuah Testimoni

Kelas podcast ini seru banget! Salah satu hal baru buat saya sehingga hadir di kelas ini cukup menyegarkan di sela-sela rutinitas harian. 

Kelas Podcast Siberkreasi ini komprehensif banget. Kurikulumnya dari dasar berupa pengenalan podcast hingga wejangan dari para senior yang sudah lama nyemplung di dunia podcast. Dan yang paling berkesan adalah kami diminta membuat podcast menggunakan Anchor di sesi pertama, ga nunggu kelar seluruh sesi dulu. Ternyata memang akhirnya saya paham kenapa di awal diberikan tugas membuat podcast. Selain agar kami langsung nyebur, di sesi terakhir ada review yang diberikan oleh pemateri saat itu. Walaupun hanya dipilih beberapa akun, tetapi sesungguhnya saran pemateri kepada beberapa akun tersebut bersifat general juga, bisa diadaptasi oleh masing-masing akun podcast kami. 

Selama berjalannya kelas selama 6 kali pertemuan rasanya seru, kecuali beberapa kali ada kendala teknis yang bikin kurang nyaman. Pada sesi 4 yang paling terasa ketidaknyamanannya karena jeda agak lama (lebih dari 10 menit deh kayaknya) menunggu perbaikan teknis. 

Walaupun demikian, saya mengambil banyak pelajaran dari kelas podcast ini. Dari yang sebelumnya hanya menjadi pendengar, kini setidaknya saya tahu dan sudah bisa membuat Podcast. Hanya saja, akun Podcast masih freeze dulu sebentar karena perlu beberapa penyesuaian. Mohon doanya, semoga ke depannya saya bisa konsisten produksi konten podcast yang bagus kualitasnya dan bermanfaat bagi yang mendengar.  

Saya kira segitu dulu. Sekali lagi, kelas Podcast Siberkreasi Batch 2 sudah dibuka dan akan dimulai pada tanggal 10 Oktober 2020. Bagi teman-teman yang berminat, bisa cek media sosial Siberkreasi untuk informasi lebih lanjut. Terima kasih sudah membaca!

- Article bottom ad -

14 COMMENTS

  1. Hi Mbak Purnama,

    Beberapa waktu yang lalu, saya sempat fwd juga ini flyer.
    Cuma ngga nyangka di kelas gratis bisa dapat pembawa materi sekeren ituh.

    Kata-kata Raditya Dika itu bener banget sih. Apalagi buat saya yang sekarang ini agak kelelahan ngejar nulis dengan kegiatan sehari-hari.

    makasih ya untuk tulisannya yang penuh insight

    • Ikutan kelasnya juga ga mba renov? Bagus sih, aku ga nyesel, terlepas nanti mau dilanjutin apa gimana akun podcastnya.. wkwkwk

      Btw, aku tuh mau ada yg ditanyain, boleh ya kalo japri pankapan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here