Jenis Brownies: Cakey, Fudgy, atau Chewy

0
105

Bunda! Tulisan kali ini saya dedikasikan untuk dia yang bisa menceriakan hati di kala gloomy: brownies. Wkwkwk. Bunda suka brownies juga seperti saya? Saya termasuk fans brownies garis keras. Ga tau juga indikatornya bagaimana, tapi melihat brownies saja kayaknya sudah gembira.. wkwkwk. Pun, membuatnya ternyata juga tidak terlalu sulit buat saya yang baru belajar di dunia per dapuran. Ternyata jenis brownies juga banyak loh. Yuk kita liat ragam kue yang kuat coklat ini.

Sejarah Brownies

Saya pernah dengar sekilas tentang sejarah brownies karena sempat dijadikan judul film di Indonesia. Cuma saya belum pernah benar-benar mencari tahu bagaimana mulanya brownies ini ada.

Dilansir oleh Kompas, diceritakan seorang chef dari The Palmer House Hotel di Chicago diminta membuat makanan penutup berupa kue kecil-kecil yang akan disajikan untuk para tamu. Tidak sengaja, kue yang seharusnya mengembang menjadi bantet seperti brownies yang kita kenal saat ini. Brownies kala itu mengandung banyak cokleat, mentega, telur, dan gula. Disebutkan juga, pertama kalinya resep brownies dipublikasikan di sebuah buku Home Cookery yang disebut Service Club Book.

Jenis Brownies: Cakey, Fudgy, atau Chewy

Bunda pernah ndak beli brownies beberapa kali tapi kok bentuknya beda-beda. Ternyata memang ada beberapa jenis brownies berdasarkan teksturnya.

Cakey Brownies

Brownies tipe cakey teksturnya ringan seperti bolu atau cake. Kue agak sedikit mengembang karena pada bahannya menggunakan baking powder atau baking soda. Yang membedakan cakey brownies dengan cake coklat adalah penggunaan kombinasi gula pasir putih dan brown sugar. Selain itu, jika pada cake coklat biasa digunakan mentega suhu ruang, pada cakey brownies digunakan mentega leleh.

Fudgy Brownies

Brownies tipe ini cenderung padat dan pendek atau terlihat seperti bantet. Rasio penggunaan lemak (mentega dan coklat) lebih banyak dibandingkan tepung. Coklat yang digunakan adalah coklat leleh dari dark cooking chocolate atau chocochips. Untuk memberikan rasa coklat yang kuat, biasanya ditambahkan coklat bubuk.

Chewy Brownies

Bentuk chewy brownies agak mirip sekilas dengan fudgy brownies. Chewy brownies bertekstur agak kenyal (chewy) karena pada bahannya digunakan brown sugar. Terkadang ditambahkan juga molas untuk meningkatkan kekenyalan si chewy brownies ini. Lemak yang digunakan biasanya merupakan perpaduan antara mentega dan minyak. Minyak sebagai penambah kekenyalan dan mentega sebagai penguat aroma.

Teenyata ada beberapa jenis brownies yang saya yakin rasanya tetap enak walaupun berbeda tekstur. Bunda suka brownies jenis apa? Kalau saya suka semuanya, fans garis keras kan :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here