HSI Abdullah Roy: Sebuah Testimoni

0
428
- Article top ad -

Halo Bunda! Apa yang terlintas di benak Bunda ketika membaca judul di atas? No clue? HSI Abdullah Roy ini lumayan marak diikuti pria dan wanita yang ingin belajar agama islam dari dasar dan menyeluruh. Ayo kita kenalan lebih jauh dengan HSI Abdullah Roy!

Apa itu HSI Abdullah Roy?

Kepanjangan dari HSI adalah Halaqah Silsilah Ilmiyah atau pengertian sederhananya semacam program belajar aqidah agama islam. Belajar HSI ini dibimbing langsung oleh Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A yang merupakan pengajar di Masjid Nabawi Madinah dan juga seorang dosen di STDI Imam Syafii Jember. 

Bagaimana Cara Belajarnya?

Setiap hari dari Senin hingga Jumat akan diberikan materi oleh Ustadz Abdullah Roy dalam bentuk audio berdurasi sekitar 2-10 menit. Materi biasanya diberikan sekitar pukul 05.30-06.00 WIB. 

Materi Apa Saja yang Akan Diterima?

Materi yang diberikan terangkum dalam silabus yang holistik. Adapun silabus tersebut adalah: 

  1. Pengagungan terhadap ilmu.
  2. Belajar Tauhid
  3. Mengenal Allah 
  4. Mengenal Rasulullah 
  5. Mengenal Agama Islam
  6. Beriman kepada Hari Akhir
  7. Beriman kepada Malaikat
  8. Beriman kepada Kitab-Kitab
  9. Beriman kepada Para Rasul
  10. Beriman kepada Takdir
  11. Sirah Nabawiyah
  12. Belajar Kitab-Kitab Akidah

Materi tentang pengagungan terhadap ilmu sebenarnya adalah materi awalan tentang adab menuntut ilmu sebagai bekal perjalanan belajar di HSI dan tempat lainnya.

Ragam Ujian HSI Abdullah Roy

Ada 3 (tiga) jenis ujian yang diselenggarakan oleh HSI Abdullah Roy: ujian harian, ujian pekanan, dan ujian akhir. Semua ujian dilakukan via web dengan memilih men7 ujian. 

Ujian harian dilakukan setiap hari (kecuali Sabtu dan Ahad). Pada hari yang sama materi diberikan, akan dibuka sesi ujian harian sejak pukul 16.00 WIB hingga ditutup pukul 14.00 WIB keesokan harinya. Terdapat 2 soal multiple choice yang diujikan. Waktu menjawab ujian berdurasi 3 menit. 

Ujian pekanan dilakukan setiap pekan dengan sejak Sabtu pukul 16.00 WIB hingga Senin pukul 16.000 WIB. Ada 8 soal multiple choice yang diujikan berdasarkan materi yang sudah diberikan selama sepekan (5 materi terakhir yang diberikan sejak Senin hingga Jumat). 

Ujian akhir biasanya dilakukan setelah diberikan 25 materi. Sebelum dibuka periode ujian akhir, biasanya peserta diberikan beberapa jeda waktu untuk murojaah kembali materi yang sudah diberikan. Ada 30 soal multiple choice yang diujikan. 

Peserta yang nilai akhirnya kurang dari 50% atau berstatus Rasib atau Ghayib akan dikeluarkan dan tidak dapat mengikuti pelajaran selanjutnya. 

Testimoni sebagai peserta HSI Abdullah Roy

Saya bergabung dan belajar di HSI Abdullah Roy sejak 2018 pertengahan. Saya memulai belajar HSI berbekal semangat menggebu. Lalu setelah mendapat materi Pengagungan Terhadap Ilmu, saya serasa tertampar. Menuntut ilmu tidak hanya perlu semangat, tetapi juga perlu bersabar. Sejak itu, saya belajar lebih bersabar dalam menuntut ilmu dan rajin murojaah. 

Ilmu yang ada di HSI ini, menurut saya, adalah ilmu basic yang perlu dimiliki setiap muslim. Karena kan inti islam itu akidah, sudahkah kita meng

Tips agar Belajar HSI dengan Nyaman dan Aman

- Article bottom ad -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here