Categories
Review

Review Jasa Pembersih Toren

Review Jasa Pembersih Toren – Suatu hari saya lihat air tampungan yang keluar dari keran tidak bersih, seperti ada serpihan hitam seperti lumut. Awalnya saya kira lumut berasal dari selang yang saya pasang di keran, tapi kata suami mungkin memang kotor dari toren airnya.

Setelah dipikir-pikir, toren air kami memang belum pernah dibersihkan secara menyeluruh sejak kami tinggal di sini, sekitar 3 tahun lalu. Di dekat rumah, ada toko peralatan yang juga menawarkan jasa membersihkan toren.

Suami pernah tanya, berapa biaya dan apa saja yang diperlukan untuk membersihkan toren menggunakan jasa mereka. Biaya jasa cuci toren Rp100.000 dan belum termasuk sabun cuci toren. Saya cek harga sabun cuci toren sekitar Rp35.000. Hanya saja, suami saya masih ragu untuk menggunakan jasa mereka. Akhirnya saya coba cari lagi rekomendasi jasa cuci toren yang lain.

Setelah bertanya di grup Gengs Hasanah (grup apakah ini?), saya mendapatkan rekomendasi jasa pembersih toren (thanks Ririt!) yang dirasa cocok. Saya dan suami memutuskan untuk menggunakan jasa Kurasin Toren.

Persiapan Sebelum Membersihkan Toren

Sebelumnya, saya belum pernah punya pengalaman menggunakan jasa pembersih toren. Setelah mendapatkan rekomendasi dari teman, saya langsung chat via whatsapp untuk pesan jasa pembersih toren. Sebelum memesan hari, saya tanya terlebih dulu apa lokasi saya masuk kedalam area kerja mereka. Setelah memastikan lokasi saya masuk area kerja mereka, saya menanyakan kembali apakah jenis toren saya yang agak ramping dan tinggi bisa dibersihkan oleh mereka. Katanya, selama lubang toren bisa dimasuki orang, maka bisa dibersihkan.

Admin tersebut juga mengatakan bahwa saya tidak perlu menyiapkan apapun, keseluruhannya dari mereka.

Biaya Cuci Toren

Biaya cuci toren bervariasi bergantung pada kapasitas toren. Untuk toren saya yang kapasitasnya 800 liter, biayanya sebesar Rp150.000. Biaya tersebut sudah all in, tidak ada biaya tambahan. Pembayaran bisa dilakukan via transfer atau cash langsung kepada petugas cuci toren.

Proses Kerja Jasa Pembersih Toren

Pada hari H, petugas cuci toren yang datang berjumlah 2 orang. Satu orang yang masuk ke dalam toren dan bertugas membersihkan, dan satu orang lainnya bertugas membantu, termasuk mendokumentasikan proses pencucian toren.

Saat awal pembersihan toren, petugas yang tidak masuk ke dalam toren memvideokan proses mencuci toren. Video tersebut dikirimkan ke saya via whatsapp. Saya jadi tahu kondisi toren sebelum dibersihkan. Alamak, kotor betul! Hitam dipenuhi lumut yang berkerak.

Saya diminta mematikan mesin air saat proses pencucian berlangsung. Proses pembersihan menggunakan sabut cuci piring (bukan sponge cuci piring ya) tanpa sabun atau bahan kimia apapun. Bagus juga, air jadi tidak bau sabun atau terkontaminasi bahan kimia apapun. Lagian juga, katanya toren yang dibersihkan dengan sabun akan membuat toren lebih cepat kotor ke depannya.

Proses cuci toren berlangsung sekitar satu jam. Pada proses akhir, petugas kembali memvideokan kondisi toren yang sudah dibersihkan. Dan benar-benar bersih! Walaupun ada beberapa bagian kerak yang tidak bisa betul-betul hilang (bayangin aja, 3 tahun ga dibersihin! wkwkwkwk). Setelah selesai, saya diminta menyalakan mesin air kembali. Air yang keluar menjadi bersih kembali.

Proses Cuci Toren

Rekomendasi Jasa Cuci Toren Jabodetabek

Ternyata semudah itu ya. Suami saya tidak perlu berpayah-payah masuk ke dalam toren (khawatir juga dia ga bisa keluar dari toren..heu). Harganya pun reasonable. Okelah buat dicoba. Buat kamu yang perlu jasa cuci toren, boleh dilihat-lihat dulu webnya Kurasin Toren. Mereka juga punya jasa lain selain cuci toren loh.

Semoga review ini bermanfaat buat kamu ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.