Review Fisioterapi (Penguapan) di RS Hermina Bekasi

1
618
- Article top ad -

Akhir pekan kemarin kami berkunjung ke dokter karena Dawud sakit. Saat konsultasi, dokter bilang Dawud flu dan ditawarkan terapi uap agar cepat encer dahak yang menghalangi saluran pernapasan. Terbayang bagaimana Dawud sulit tidur malam sebelumnya, akhirnya kami setuju terapi uap untuk Dawud. Oh iya, Dawud usianya 6 bulan sehingga belum bisa mengeluarkan dahak sendiri. 

Setelah terapi, kepikiran bikin review sederhana untuk teman-teman yang berencana ambil opsi uap untuk meringankan batuk pilek anak. 

Lokasi

RS Hermina Bekasi

Jl. Kemakmuran No.39, RT.004/RW.003, Marga Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Pre-Treatment

Sebelum dilakukan uap, kami menyerahkan surat pengantar dari dokter yang di dalamnya ada resep obat yang digunakan untuk penguapan. Saya tidak cari tau apakah penguapan tetap dapat dilakukan tanpa rekomendasi dokter. 

Sebelum treatment, kami diwajibkan membeli masker uap dan selang terlebih dahulu. Perlengkapan ini nantinya wajib dibawa sendiri jika akan melakukan penguapan pada hari-hari selanjutnya. 

Alat Uap

Treatment

Sebelum masker uap dipasang, terapis menginfokan obat yang akan diberikan lewat masker uap sesuai dengan resep dokter. Penguapan berlangsung selama +/-10 menit. Setelah diuap, terapis memberi pijatan di dada dan punggung Dawud dengan sedikit ditepuk-tepuk.

Post-Treatment 

Terapis menginfokan cara membersihkan peralatan uap yang dibawa pulang. Masker dan tabung tempat obat dibersihkan dengan air mengalir, tidak perlu menggunakan sabun dan tidak dimasukkan ke dalam sterilizer. Selang sebaiknya tidak dibersihkan karena cenderung lama keringnya.

Biaya

Total biaya yang dikeluarkan adalah +/- 200.000 mencakup biaya terapi, obat, selang dan masker.  Selang dan masker tidak perlu dibeli lagi untuk terapi penguapan pada hari-hari berikutnya. Bagi yang terdaftar sebagai peserta asuransi, penguapan termasuk dalam benefit fisioterapi. Besarnya benefit asuransi dapat dicek terlebih dahulu dengan meminta bantuan petugas administrasi menghubungi pihak asuransi. 

Fasilitas

Fasilitas yang ada di ruangan fisioterapi dinilai cukup baik. Ada kursi besar cukup nyaman dan sebuah bantal (berfungsi untuk mengganjal posisi bayi ketika diuap dan sebagai alas bayi ketika dipijat). Ruangan bersih walaupun ada terhirup bau yang kurang segar.

Di luar ruangan, terdapat kursi-kursi antrian dan sebuah televisi besar. Di depan pintu masuk ada rak sepatu. Setiap pasien dan petugas yang memasuki ruangan fisioterapi diharuskan melepas alas kaki. 

Jadwal

Berdasarkan info dari terapis, fisioterapi buka dari Senin hingga Sabtu selama 24 jam. Pada hari Ahad, fisioterapi tetap buka khusus untuk pasien baru.

Kira-kira itu dulu ya. Review ini hasil pengalaman dan pengamatan saya sebagai orangtua pasien. Mohon maaf jika review yang disampaikan kurang lengkap. Jika ada saran, boleh ditulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat 🙂

- Article bottom ad -

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here